Alamat
Jl. Sriwijaya, Perum Pondok Mutiara Blok M5/Q3 Tegalsari Plered Kab. Cirebon
Sabtu, 13 April 2024
08:00 - 16:00 WIB
Emergency
8 Buah Penghilang Mual Saat Hamil yang Jarang Diketahui

8 Buah Penghilang Mual Saat Hamil yang Jarang Diketahui

Artikel Kehamilan 0 kementar

BIDAN OKTA – Buah penghilang mual saat hamil bisa Bumil konsumsi ketika morning sickness melanda. Tidak hanya bisa meredakan rasa mual, beragam jenis buah ini juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin, lho.

Buah penghilang mual saat hamil umumnya mengandung vitamin B6 dan antioksidan yang bisa meredakan keluhan mual dan muntah pada ibu hamil. Selain bergizi, buah-buahan tersebut juga memiliki rasa yang enak dan menyegarkan serta aroma yang tidak menusuk, sehingga Bumil tidak akan enek saat mengonsumsinya.

Beragam Pilihan Buah Penghilang Mual Saat Hamil

Mual dan muntah saat hamil dikenal dengan istilah morning sickness. Ini merupakan hal yang normal dialami oleh ibu hamil karena meningkatnya hormon kehamilan, seperti human chorionic gonadotrophin (hCG) dan estrogen.

Selain perubahan hormon, morning sickness juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B saat hamil.

Nah, untuk mengatasi keluhan ini, Bumil dianjurkan untuk selektif dalam memilih makanan, misalnya dengan mengonsumsi beragam pilihan buah penghilang mual saat hamil berikut ini:

1. Lemon

Buah penghilang mual saat hamil yang pertama adalah lemon. Buah berwarna kuning ini mengandung vitamin B6 (pyridoxine) yang diketahui bisa meringankan keluhan mual dan muntah, dari yang ringan hingga sedang.

Selain vitamin B6, lemon juga tinggi vitamin C dan antioksidan yang baik untuk meningkatkan imunitas ibu hamil agar tidak mudah sakit. Namun, karena rasa lemon sangatlah asam, Bumil perlu mengolah lemon menjadi infused water atau dicampur dengan teh atau air jahe agar lebih aman di lambung.

2. Jeruk

Sama seperti lemon, jeruk juga mengandung vitamin B6 dan vitamin C, lho. Buah berwarna oranye ini juga dilengkapi dengan vitamin B1 (thiamin) yang dapat mendukung perkembangan otak janin, vitamin B2 (riboflavin) untuk menjaga kesehatan mata dan kulit janin, serta vitamin B9 (folat) untuk mengurangi risiko bayi lahir cacat.

Jeruk juga memiliki cita rasa dan aroma yang segar sehingga bisa meredakan keluhan mual dan muntah saat hamil.

3. Pisang

Buah pisang digadang-gadang sebagai buah penghilang mual saat hamil karena kandungan vitamin B6-nya. Selain bisa meredakan morning sickness, buah ini juga tinggi serat yang bisa mengenyangkan perut lebih lama dan melancarkan pencernaan, sehingga Bumil bisa terhindar dari sembelit yang sering dialami ibu hamil.

Buah ini juga kaya akan kalium sehingga dapat mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. Tak hanya bermanfaat sebagai buah penghilang mual saat hamil, pisang juga bisa dijadikan buah untuk mencegah hipertensi saat hamil.

4. Alpukat

Suka makan buah alpukat saat hamil? Jangan hentikan kebiasaan ini ya, Bumil. Selain mengandung lemak sehat yang dapat mendukung perkembangan otak janin, alpukat juga mengandung berbagai jenis vitamin B, seperti vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B7, dan vitamin B9.

Semua vitamin tersebut tidak hanya mampu mengurangi keluhan mual dan muntah pada ibu hamil, tetapi juga mendukung kesehatan Bumil dan janin sampai hari persalinan nanti.

5. Semangka

Buah semangka adalah salah satu buah yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Soalnya, buah ini dilengkapi dengan vitamin B6 yang terbukti bisa meredakan mual saat hamil.

Tidak hanya itu, kandungan airnya yang melimpah pada buah ini bisa membantu Bumil tetap terhidrasi dengan baik sehingga bisa mencegah dehidrasi saat hamil. Buah semangka juga kaya antioksidan likopen yang diketahui mampu mencegah terjadinya preeklamsia pada ibu hamil, lho.

6. Melon

Melon juga termasuk buah penghilang mual saat hamil. Buah ini banyak mengandung air, vitamin, serta mineral, yang baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi. Kandungan antioksidan dan vitamin B6 dalam melon dapat meringankan mual dan muntah saat hamil.

Rasa dan aromanya yang ringan juga lebih nyaman untuk indra penciuman Bumil yang lagi sensitif sehingga cenderung tidak memicu rasa mual makin parah.

7. Timun

Meski sering dianggap sayur, timun sebetulnya tergolong sebagai buah. Nah, buah ini bahkan termasuk salah satu jenis buah penghilang mual saat hamil, lho. Timun sangat cocok dikonsumsi ibu hamil karena rasanya yang tawar dan aromanya yang sangat ringan cenderung tidak menusuk hidung. Ini membuat timun tidak memicu rasa mual.

Selain itu, timun juga kaya akan air, mineral, vitamin, dan serat, sehingga baik untuk mencegah dehidrasi dan sembelit selama hamil.

8. Stroberi

Asam folat dan vitamin B6 yang terkandung di dalam buah stroberi bermanfaat untuk mengurangi keluhan morning sickness pada ibu hamil. Selain itu, kandungan kalium di dalam buah stroberi juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan meredakan keluhan kram kaki yang mungkin Bumil alami.

Beragam buah penghilang mual saat hamil yang telah dipaparkan di atas tidak hanya bisa meredakan keluhan morning sickness, tetapi juga dapat memberi pasokan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Bumil juga janin.

Selain mengonsumsi buah-buahan tersebut, Bumil juga dianjurkan untuk menghindari makanan yang bisa memicu rasa mual, misalnya jengkol, pete, dan durian.

Sementara untuk ibu hamil yang memiliki riwayat GERD, buah yang rasanya asam seperti stroberi atau lemon mungkin bisa memperparah keluhan mual. Jadi, kalau Bumil sedang mual dan memiliki riwayat GERD, sebaiknya hindari buah-buahan yang asam, ya.

0 kementar

Jawab

Layanan Medis

PMB Oktaprianti, A.Md. Keb ini melayani :

Layanan Medis

PMB Oktaprianti, A.Md. Keb ini melayani :
POLIKLINIK
DOKTER JAGA
DARURAT
STATISTIK
TESTIMONI